Mesin Pencarian

Rabu, 07 Januari 2009

Cerdas Sosial, Faktor Penting Kesuksesan

Para pebisnis mengetahui bahwa faktor utama kesuksesan bisnis bukan hanya tentang modal, namun juga kecerdasan sosial. Lee Iacocca, eksekutif terkemuka yang kembali mempopulerkan Chrysler, berkata, "Bagaimanapun bisnis tidak lebih dari sekedar sekumpulan relasi antar manusia." Hal itu adalah sebuah sudut pandang yang khas dari orang yang dilengkapi dengan kecerdasan sosial tingkat tinggi.

Mengetahui cara berhubungan dengan orang lain, berarti tahu cara mendengarkan dan menghargai mereka. Berpikirlah sebelum berbicara dan bertindak.

Beberapa studi tentang topik ini menekankan berbagai aspek yang menjadi ciri individu yang memiliki kecerdasan sosial tinggi. Beberapa ciri-ciri berikut ini terbukti muncul pada biografi orang-orang sukses:

Menerima orang lain apa adanya. Didalam kehidupan sosial, tidak ada yang lebih melelahkan daripada mengubah orang lain atau membentuk mereka agar sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Selain melelahkan, hal tersebut juga tindakan yang sangat egois dan manipulatif.

Mengakui kesalahan. Orang-orang yang tidak pernah mengakui kesalahan sendiri akhirnya malah membuat orang lain menjauh atau menekan mereka dengan sikap arogan. Sedikit kerendahan hati membuat orang tampak manusiawi dan dapat didekati.

Menunjukkan keinginan tahu dan ketertarikan pada orang lain dan dunia pada umumnya. Ketertarikan terhadap orang lain membuat Anda memiliki topik pembicaraan yang sangat disenangi oleh semua orang, yaitu ‘diri mereka sendiri.' Anda tidak akan menjadi pribadi yang membosankan, namun menjadi seorang sahabat bagi banyak orang.

Selalu tepat waktu. Hal ini sepertinya hal yang remeh, namun sangat penting. Membuat orang lain tidak menunggu Anda, hal itu menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai mereka.

Membuat penilaian yang adil; bersikap jujur dengan diri sendiri dan orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan sosial tidak pernah memberikan pujian yang berlebihan. Sebaliknya mereka memberikan opini secara jujur - entah hal itu berupa kritik yang membangun maupun pujian - dan mereka berupaya mendengarkan semua pihak yang terlibat sebelum menarik kesimpulan.

Memiliki memori yang baik untuk mengingat nama, wajah dan fakta. Orang yang memiliki kecerdasan sosial memanggil orang lain dengan nama, baik pelayan restoran, asistennya, maupun pemimpinnya.

Hubungan yang sehat dengan semua kalangan, adalah tentang bagaimana membawa diri kita. Hal tersebut berbicara tentang sopan santun, kemauan baik, etika sosial, kata-kata dan prilaku. Setiap orang ingin dianggap bahwa dirinya penting. Dan hal itu benar, setiap orang penting, mereka semua memiliki peran dalam kesuksesan Anda. Tidak ada aturan yang pasti tentang bagaimana seharusnya untuk berprilaku, untuk itu setiap orang harus terus belajar dan mengembangkan diri.


Sumber : The Trump Way of 3 Minutes, Ricardo R. Bellino

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar