Mesin Pencarian

Rabu, 07 Januari 2009

Tips Olahraga Sehat Bagi Penderita Jantung Koroner

Bila Anda penderita penyakit jantung koroner, berikut ini disajikan petunjuk berolahraga secara sehat. Harus diingat bahwa tujuan berolahraga adalah memacu Anda dan bukan melakukannya secara berlebihan.

Apa yang Anda harus kerjakan
Jantung KoronerApabila Anda sudah lama tidak berolahraga, mulailah berolahraga secara bertahap.
• Ikuti aktivitas kebugaran, seperti berjalan kaki dan berenang, berbeda dengan olahraga yang bersifat kompetisi seperti tenis.
• Tunggu 2 atau 3 jam sesudah makan kenyang baru berolahraga. Bila hanya sarapan, tunggu 1-2 jam sebelum berolahraga. Juga hindarkan mandi seketika sesudah atau sebelum selesai berolahraga.
• Pakai pakaian yang sesuai, enteng, seperti sepatu yang cocok. Pakailah pakaian berlapis dan bila terasa panas diganti.

Apa yang tidak dapat Anda lakukan
• Jangan berolahraga dalam cuaca sangat panas atau sangat dingin, berangin, kelembaban yang tinggi, polusi berat, atau di pegunungan.

• Jangan berolahraga bila anda demam atau merasa tidak enak badan.

Jantung KoronerKapan saat pendinginan
Sesudah Anda berolahraga dan terasa penat, otot mulai kram, side "stitch" dan bernapas berlebihan tapi pendek-pendek atau kelelahan, mulailah mengurangi olahraga Anda.

Kapan berhenti berolahraga
Berhentilah berolahraga apabila Anda merasa sakit di jantung seperti keringat dingin, gelisah, mual dan muntah, detak jantung bertambah dan berdebar-debar serta ritme jantung abnormal.

Sumber: berbagai sumber/Tmy

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar