Mesin Pencarian

Senin, 05 Januari 2009

Sikap Positif Buat Hidup Bahagia

Kehidupan ini seperti sebuah samudra. Terkadang tenang, dengan langit biru dan angin berhembus meniup layar kapal kehidupan kita. Namun terkadang terjadi sesuatu yang sangat menarik di mana tantangan yang tidak diharapkan datang. Suatu saat, ombak begitu tinggi dan menghantam dari segala arah, langit gelap dan angin topan menyerang.

Tetapi pengalaman seperti apapun, Anda akan bisa membawa perahu kehidupan Anda hingga pelabuhan, jika Anda memiliki sikap yang benar. Sikap Anda akan menentukan apakah Anda bisa menikmati perjalanan kehidupan Anda, baik dalam situasi yang menyenangkan maupun sulit.

Para peneliti membuat sebuah penemuan yang sangat penting, tentang hubungan sikap dan kesehatan. Sikap positif memberi kontribusi besar bagi kesehatan fisik seseorang. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang yang memiliki sikap positif akan lebih cepat sembuh dari penyakitnya.

Tahun 2009 sudah didepan mata, tapi tak seorangpun bisa memprediksi akan apa yang mungkin terjadi. Situasi dan kondisi adalah sesuatu yang berada diluar kendali kita. Yang berada dalam kendali kita adalah sikap kita ketika menghadapi situasi tersebut.

Berikut beberapa hal yang dapat menjaga agar Anda tetap bersikap positif:

  • Tidak perlu mengkuatirkan diri dengan hal negative yang mungkin terjadi dan tidak bisa Anda kendalikan.
  • Jangan hidup menurut keinginan orang lain, ataupun berusaha menyenangkan orang lain. Biarkan mereka membuat pilihan untuk diri mereka sendiri dan bertanggungjawab atas konsekuensinya. Demikian juga Anda.
  • Tangani masalah kecil secepatnya, dan selesaikan di hari yang sama. Jangan biarkan masalah kecil menjadi masalah yang besar. Tapi bagi masalah yang besar menjadi masalah-masalah yang kecil dan selesaikan satu per satu.
  • Ketika Anda membuka mata, mulai harapkan hal-hal baik akan terjadi hari ini.
  • Ketika akan menutup hari dan tidur, ingat kembali hal-hal yang telah berhasil Anda selesaikan, dan bersyukurlah atas hal itu.
  • Bantu orang lain untuk menjadi pribadi yang positif. Contohnya, ketika menyapa seseorang, tanyakan padanya "sisi indah" dari hidupnya di hari ini.
Mungkin Anda tidak pernah menyadari akan akibat dari setiap pilihan yang Anda buat d hari ini. Langkah penting untuk memiliki sikap positif adalah menyadari dampak dari setiap pilihan yang Anda buat. Jangan pernah menyalahkan siapapun, orangtua Anda, pemimpin Anda, ataupun situasi maupun kondisi Anda.

Segala sesuatu yang terjadi adalah dampak dari sebuah pilihan. Apa yang Anda pilih untuk Anda percayai tentang keadaan diri Anda akan menentukan perasaan dan tindakan yang Anda buat. Anda mengendalikan kehidupan Anda dengan pilihan-pilihan yang Anda buat. Untuk itu, buatlah pilihan dengan bijak.

Sumber: Jawaban.com/VM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar